Berikut dasar-dasar power point yang harus Anda ketahui :
1. Membuat dokumen power point
Membuat Power Point adalah langkah awal yang harus Anda ketahui. Langkah-langkanya adalah sebagai berikut:
1. Klik Start
2. Microsoft Office
3. Microsoft Office Power Point
2. Memilih Tema
Untuk membuat slide presentasi Anda lebih menarik gunakanlah tema yang sesuai dengan topik yang akan Anda bahas. Tema adalah desain slide yang berisi cocok warna, font, dan efek khusus seperti bayangan, pantulan, dan lainnya.
1. Klik Design pada Ribbon Tab
2. Lalu pilih design tema yang Anda inginkan
3. Menyisipkan slide baru dan menghapus slide
Dalam setiap pembuatan power point dibutuhkan beberapa slide untuk menampung teks yang akan Anda buat. Beikut langkah-langkah untuk menambahkan slide baru:
1. Klik Home pada tab Ribbon
2. Klik New Slide
3. Pilih slide yang Anda inginkan
Jika Anda merasa slide Anda kurang menarik dan Anda ingin menghapusnya Anda bisa menggunakan tombol ←backspace atau delete pada keyboard Anda.
4. Memformat Teks
Agar teks slide Anda tidak monoton buatlah teks Anda menjadi dengan menggunakan jenis teks yang ada di Power Point.
Blok teks yang ingin Anda desain lalu, pilih jenis, ukuran dan warna tulisan menggunakan ikon yang ada diatas sesuai keinginan Anda.
5. Menyisipkan Gambar
Menyisipkan gambar adalah salah satu bagian terpenting dalam membuat slide presentasi. Dengan adanya gambar presentasi Anda lebih mudah dipahami audiens. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik insert pada ribbon tab
2. Lalu pilih Picture
3. Browse/pilih gambar yang ingin Anda masukan
4. Klik Insert
6. Menyisipkan Grafik
Penggunaan Grafik pada power point dapat membantu presentasi Anda lebih efektif dan terarah. Untuk membuat grafik klik ikon SmartArt, disitu Anda dapat memilih Grafik sesuai dengan yang Anda inginkan.
7. Menyimpan dokumen
Setelah Anda membuat power point dan Anda sudah menginput data yang sudah Anda masukan untuk presentasi langkah terakhir adalah dengan menyimpan data. langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klik tombol Office Button
2. Klik Save as
3. Pilih Power Point presentation
4. Pilih tempat menyimpan file Anda
5. Simpan file Anda dengan nama yang Anda inginkan
6. Klik Save
Sebenarnya masih banyak lagi dasar-dasar dalam pembuatan power point yang harus Anda ketahui. Semoga tulisan sederhana ini dapat memberikan kemudahan dan manfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.
Baca juga:
Materi Microsoft Power Point
Tips Membuat PowerPoint Sederhana Tapi Menarik
Tutorial membuat tema power point yang menarik 2007
1. Klik Start
2. Microsoft Office
3. Microsoft Office Power Point
2. Memilih Tema
Untuk membuat slide presentasi Anda lebih menarik gunakanlah tema yang sesuai dengan topik yang akan Anda bahas. Tema adalah desain slide yang berisi cocok warna, font, dan efek khusus seperti bayangan, pantulan, dan lainnya.
1. Klik Design pada Ribbon Tab
2. Lalu pilih design tema yang Anda inginkan
3. Menyisipkan slide baru dan menghapus slide
Dalam setiap pembuatan power point dibutuhkan beberapa slide untuk menampung teks yang akan Anda buat. Beikut langkah-langkah untuk menambahkan slide baru:
1. Klik Home pada tab Ribbon
2. Klik New Slide
3. Pilih slide yang Anda inginkan
4. Memformat Teks
Agar teks slide Anda tidak monoton buatlah teks Anda menjadi dengan menggunakan jenis teks yang ada di Power Point.
Blok teks yang ingin Anda desain lalu, pilih jenis, ukuran dan warna tulisan menggunakan ikon yang ada diatas sesuai keinginan Anda.
5. Menyisipkan Gambar
Menyisipkan gambar adalah salah satu bagian terpenting dalam membuat slide presentasi. Dengan adanya gambar presentasi Anda lebih mudah dipahami audiens. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik insert pada ribbon tab
2. Lalu pilih Picture
3. Browse/pilih gambar yang ingin Anda masukan
4. Klik Insert
6. Menyisipkan Grafik
Penggunaan Grafik pada power point dapat membantu presentasi Anda lebih efektif dan terarah. Untuk membuat grafik klik ikon SmartArt, disitu Anda dapat memilih Grafik sesuai dengan yang Anda inginkan.
Setelah Anda membuat power point dan Anda sudah menginput data yang sudah Anda masukan untuk presentasi langkah terakhir adalah dengan menyimpan data. langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Klik tombol Office Button
2. Klik Save as
3. Pilih Power Point presentation
4. Pilih tempat menyimpan file Anda
5. Simpan file Anda dengan nama yang Anda inginkan
6. Klik Save
Sebenarnya masih banyak lagi dasar-dasar dalam pembuatan power point yang harus Anda ketahui. Semoga tulisan sederhana ini dapat memberikan kemudahan dan manfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.
Baca juga:
Materi Microsoft Power Point
Tips Membuat PowerPoint Sederhana Tapi Menarik
Tutorial membuat tema power point yang menarik 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar